BISNISIA.ID | Jakarta – Tahun 2024 menandai 50 tahun perjalanan PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) sebagai “Real Partner, Real Journey” bagi masyarakat khususnya Isuzu Partner yakni para pelaku bisnis dan industri di seluruh Indonesia.
Komitmen #IsuzuTerusMenemani ini akan terus dilakukan PT IAMI untuk berkontribusi dalam mendorong pergerakan dan pertumbuhan perekonomian di Indonesia.
Isuzu dikenal sebagai produsen mesin diesel terkemuka di dunia. Banyak perusahaan di seluruh dunia memilih mesin diesel Isuzu sebagai mitranya, karena mesin diesel Isuzu merupakan kombinasi dari kekuatan, kinerja, dan keandalannya.
Sepak terjang Isuzu membangun bisnisnya di Indonesia dimulai pada tahun 1974 dan berhasil menyita perhatian masyarakat dengan kendaraan pick up Isuzu TLD.
Di tahun 2008, PT IAMI mengembalikan arah bisnis Isuzu di Indonesia dengan berfokus kepada industri kendaraan komersial.
Langkah strategis ini diambil untuk kembali kepada akar utama bisnis Isuzu sebagai produsen kendaraan komersial terkemuka.
Keseriusan PT IAMI di segmen kendaraan komersial kemudian ditunjukkan dengan pengembangan kendaraan khusus yang diperuntukan pasar Indonesia dan sejumlah negara lainnya.
Hingga di tahun 2018 kemudian lahirlah Isuzu Traga yang mengisi segmen medium pick up dan secara khusus diproduksi di Indonesia.
Hadirnya Isuzu Traga ini menjadikan Isuzu Indonesia sebagai manufaktur sekaligus basis ekspor untuk kebutuhan Isuzu secara global sejalan dengan visi Isuzu menjadi manufaktur kelas dunia.
Selain Isuzu Traga, PT IAMI juga memantapkan posisinya sebagai pemimpin di industri kendaraan komersial melalui rangkaian produknya seperti Isuzu GIGA, Isuzu Elf, Isuzu Mu-X, dan Isuzu D-MAX.
Beriringan dengan perjalanan dan semangat 50 Tahun #IsuzuTerusMenemani, kami juga terus berupaya untuk mengembangkan setiap channel Isuzu yang akan memperkuat ekosistem dari Isuzu itu sendiri.
Dengan begitu, kami dapat memastikan setiap customer untuk memanfaatkan unit Isuzu secara maksimal.
Saat ini Isuzu telah memiliki 4 Part Depo yang berlokasi di Medan, Makassar, Palembang, dan Pontianak, 49 Karoseri Partner, lebih dari 1800 Partshop, 140 Bengkel Mitra Isuzu, dan lebih dari 150 Bengkel Isuzu Berjalan yang tersebar di seluruh Indonesia
Pada tahun 2024, di tengah penurunan pasar kendaraan komersial, Isuzu berhasil meningkatkan market share.
Hingga bulan September 2024, Isuzu mencatatkan market share sebesar 30,7%, bertumbuh 3,5% dibandingkan periode yang sama pada tahun 2023 lalu. Angka ini menunjukan kepercayaan konsumen terhadap Isuzu untuk terus menemani bisnis Isuzu Partner.
Sebagai apresiasi kepada para mitra Isuzu atas kolaborasi dan kerja sama selama 50 tahun, PT IAMI mengajak para mitra Isuzu untuk ikut merayakan tahun emas ini, salah satunya dengan mengadakan Isuzu Customer Gathering pada 50 titik lebih di Indonesia.
Pada acara ini Isuzu ingin mempererat hubungan kepada seluruh mitra Isuzu dimana Isuzu partner dapat merasakan euforia yang sama untuk merayakan ulang tahun ke 50 ini, pada acara ini juga ada berbagai program dan penawaran menarik, yaitu menghadirkan diskon dan promo unit juga spare part, serta khusus pemesanan pada saat acara berlangsung customer mendapatkan cashback bernilai jutaan rupiah.
Presiden Direktur PT Isuzu Astra Motor Indonesia, Yusak Kristian Solaeman menyampaikan rasa syukur dan terima kasih yang mendalam kepada seluruh mitra Isuzu yang telah setia mendukung perusahaan hingga mencapai tonggak sejarah ini.
“Di momen istimewa ini, kami bersyukur dan berterima kasih kepada seluruh Isuzu partner yang setia menemani dan menjadi bagian perjalanan panjang Isuzu sampai pada titik ini,” ujar Yusak Kristian.
Yusak menekankan bahwa pencapaian 50 tahun ini bukan hanya sekedar simbol usia, tetapi juga bukti nyata dedikasi Isuzu untuk terus berinovasi dan memberikan yang terbaik bagi konsumennya.
Komitmen ini, lanjut Yusak, tercermin dari produk-produk unggulan yang selalu hadir untuk memenuhi kebutuhan konsumen di berbagai sektor, mulai dari logistik hingga industri konstruksi.
“Kami berkomitmen untuk terus menemani Isuzu partner di seluruh Indonesia, dengan selalu menghadirkan produk dan pelayanan terbaik,” tambahnya.
Hal ini bukan hanya janji semata, tetapi menjadi fokus utama Isuzu dalam menghadapi tantangan dan peluang di masa depan.
Perjalanan panjang selama lima dekade ini telah memperkuat posisi Isuzu sebagai salah satu pemain utama di pasar kendaraan komersial.
Isuzu D-Max dan ELF, yang telah dikenal luas di Indonesia, menjadi bukti dari kualitas dan inovasi yang terus dikembangkan oleh perusahaan ini.
“Kami harap perayaan 50 tahun ini dapat dinikmati oleh semua pihak dan kedepannya kita dapat tumbuh dan berkembang bersama,” tutup Yusak.