Transaksi HARBOLNAS 2024 Capai Rp31,2 Triliun, Produk Lokal Jadi Unggulan

Bisnisia.id | Jakarta – Gelaran Hari Belanja Online Nasional (HARBOLNAS) 2024 mencatat capaian luar biasa dengan total transaksi sebesar Rp31,2 triliun, meningkat signifikan sebesar 21,4% dibandingkan tahun sebelumnya. Program yang berlangsung pada 10 hingga 16 Desember 2024 ini berhasil menarik perhatian 98 juta konsumen, dengan rata-rata pengeluaran per orang mencapai Rp318.000.  

Keberhasilan HARBOLNAS tahun ini juga menyoroti dominasi produk lokal, yang berkontribusi hingga 52% dari total transaksi. Nilai penjualan produk lokal mencapai Rp16,1 triliun, tumbuh 31% (year-on-year) dibandingkan 2023. Hal ini menunjukkan peningkatan kesadaran masyarakat untuk mendukung barang-barang buatan dalam negeri melalui platform e-commerce.  

Dalam sambutannya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan,

“HARBOLNAS tidak hanya menjadi ajang belanja online, tetapi juga katalisator untuk mendukung produk lokal agar mampu bersaing di pasar domestik dan global. Ketika masyarakat lebih memilih produk lokal, dampaknya tidak hanya meningkatkan perekonomian, tetapi juga mengurangi ketergantungan pada impor.”  

Baca juga:  5 Cara Mengelola Keuangan Bagi Keluarga Muda

HARBOLNAS 2024 juga menunjukkan tren menarik dalam kategori produk yang diminati. Pakaian olahraga dan aksesori fashion, produk personal care, serta makanan dan minuman menjadi tiga kategori teratas yang paling banyak dicari oleh konsumen. Peningkatan kualitas dan daya saing produk lokal menjadi faktor utama dalam mendominasi penjualan. Selain itu, fitur Live Shopping yang menawarkan ulasan produk secara langsung menjadi daya tarik utama, sementara 50% transaksi dilakukan melalui link afiliasi di media sosial, menunjukkan efektivitas strategi pemasaran digital dalam mendukung penjualan.  

Kesuksesan HARBOLNAS juga terlihat dari partisipasi 407 pelaku usaha, mulai dari pedagang, ritel daring, hingga penyedia layanan lokapasar. Tahun ini, HARBOLNAS mencatat onboarding tertinggi untuk penjual baru sejak pandemi, menandai peran strategisnya dalam membuka akses pasar bagi UMKM.  

Baca juga:  Dilantik sebagai Ketua Dekranasda Aceh 2025-2030, Marlina Usman Siap Bangkitkan UMKM

“Kami melihat hasil yang sangat positif. Tidak hanya dalam angka transaksi, tetapi juga dalam bagaimana produk-produk lokal semakin dipercaya masyarakat. Ini adalah momentum besar untuk UMKM agar bisa semakin tumbuh dan berkembang,” tambah Menko Airlangga.  

Tidak hanya HARBOLNAS, pemerintah juga memperkenalkan program lain untuk memperkuat konsumsi lokal, seperti Belanja di Indonesia Aja, yang berlangsung dari 20 hingga 29 Desember 2024, dan EPiC Sale (Every Purchase is Cheap), yang diselenggarakan pada 22 hingga 31 Desember 2024. Kedua program ini melengkapi upaya pemerintah dalam mendorong daya beli masyarakat sekaligus memperluas pasar bagi produk lokal.  

Baca juga:  Tahun 2025, Aceh Dapat Rp 453 Miliar PAD dari Pajak Rokok

HARBOLNAS 2024 tidak hanya menjadi perayaan belanja online, tetapi juga langkah nyata dalam memperkuat ekonomi digital Indonesia. Menutup acara, Menko Airlangga optimis bahwa kolaborasi pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat akan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. “HARBOLNAS adalah bukti nyata bahwa belanja masyarakat bisa menjadi pengungkit utama dalam mencapai target pertumbuhan ekonomi. Ini adalah bukti bahwa produk lokal punya potensi besar untuk menjadi kebanggaan nasional,” pungkasnya.  

Editor:
Hendra Vramenia

Bagikan berita:

Popular

Berita lainnya

Turun Drastis, HR CPO Februari 2025 Hampir Sentuh Ambang USD 680/MT

Bisnisia.id | Jakarta – Harga Referensi (HR) minyak kelapa...

Cawagub Fadhil Rahmi Sambangi Alim Ulama di Pesisir Timur Aceh

BISNISIA.ID | BANDA ACEH - Calon wakil gubernur Aceh,...

Rupiah Terus Melemah terhadap Ringgit, Sentuh Level Terendah dalam Lima Tahun

Nilai tukar rupiah terhadap ringgit Malaysia terus mengalami tekanan...

Aceh Targetkan Bebas dari ‘Gampong Sangat Tertinggal’ pada 2025 

Bisnisia.id | Banda Aceh – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong...

Aceh Tembus Perempat Final Cabor Sepak Bola PON XXI

Bisnisia.id | Banda Aceh – Kontingen sepak bola provinsi...

Mike Tyson Kalah Unanimous Decision dari Jake Paul di Texas

Bisnisia.id | Texas – Legenda tinju dunia, Mike Tyson harus...

Mualem-Dek Fadh Siap Ikuti Tiga Debat Kandidat yang Ditetapkan KIP Aceh

BANDA ACEH - Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur...

Pertamina Geothermal Raih Rating ESG Tertinggi di Sektor Utilitas Indonesia

Bisniskita.id | Jakarta – PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)...

Prabowo Resmi Luncurkan Danantara

Bisnisia.id | Jakarta – Presiden Prabowo Subianto secara resmi...

Di Balik Rapat Pimpinan: Seruan Bersih dari Meuligoe Aceh

Bisnisia.id, Banda Aceh -  Udara Banda Aceh masih terasa...

Penerimaan Bea Cukai Aceh 2024 Capai Rp 380,9 M, Bea Keluar Masih Terkendala

Bisnisia.id | Banda Aceh - Kantor Wilayah Direktorat Jenderal...

Pemuda Muhammadiyah Dorong Sawit jadi Komoditas Unggulan Aceh

Bisnisia.ID, Banda Aceh – Pemuda Muhammadiyah Aceh bekerja sama...

Ini Daftar UMP 2024 di Seluruh Provinsi RI

Bisniskita.id | Banda Aceh - Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan...

Upaya Konservasi Mangrove Berbasis Digital di Aceh

Bisniskita.id | Banda Aceh – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau...

Thomas Lembong dan TurunTangan Aceh Bersama Menjaga Alam Melalui Penanaman Mangrove

BISNISIA.ID | Banda Aceh - Mantan Menteri Perdagangan, Thomas...

Menteri Keuangan Sri Mulyani Paparkan Kerangka Ekonomi Makro RAPBN 2025

Bisniskita.id | Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati...

Pembiayaan untuk UMKM, Bank Aceh Jeuram Jaga Ketahanan Ekonomi Nagan Raya

Bisnisia.id | Nagan Raya – Bank Aceh Cabang Jeuram,...