Jelajah Rasa Nusantara, Kreativitas Mahasiswa dalam Mendukung UMKM Lokal

Bisnisia.id | Banda Aceh – tengah pesatnya perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Banda Aceh, muncul sebuah inisiatif menarik dari kelompok muda yang mengelola Jelajah Rasa Nusantara. Jelajah Rasa Nusantara merupakan sebuah platform yang dikelola oleh tiga sekawan yang sedang menjalani program magang dari kampus masing-masing.

Jelajah Rasa beranggotakan Amel dari Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh, Atira dan Nella dari Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Jelajah Rasa menawarkan jasa kreatif berupa pembuatan foto dan video produk UMKM di bawah binaan Koperasi Wirausaha Unggul Bersama Indonesia (WUBI), serta pengalaman unik berupa open trip kuliner yang menggabungkan eksplorasi wisata dan rasa.

“Jelajah Rasa ini kami rancang untuk membantu UMKM kecil agar lebih dikenal melalui media sosial,” ujar Amel, pengelola web dan pemasaran, Selasa (12/11/2024).

Tidak hanya itu, mereka juga menyediakan pengalaman tur kuliner yang dirancang khusus bagi wisatawan lokal maupun asing yang ingin mengeksplorasi makanan khas Aceh. Dengan latar belakang pemasaran dan media sosial yang dimiliki masing-masing anggota, Jelajah Rasa mengembangkan layanan yang berfokus pada branding UMKM lokal.

Baca juga:  Amerika Serikat Minati Energi Hijau di Aceh, Berpeluang untuk Menanam Investasi
WhatsApp Image 2024 11 12 at 17.31.33 1
Proses pengambilan gambar

“Kami membantu UMKM kecil yang kesulitan untuk memasarkan produknya di media sosial. Layanan kami termasuk pengambilan foto dan video produk yang menarik,” lanjutnya.

Layanan ini telah mendapatkan respons positif dari berbagai pelaku UMKM di Banda Aceh. Jelajah Rasa ini terbentuk sejak tanggal 23 September 2024. Jelajah Rasa menawarkan dua paket, yakni jasa foto produk dan jasa video produk. Untuk jasa foto produk dibanderol mulai harga Rp50.000 per lima foto produk, sedangkan harga video ulasan mulai dari Rp150.000.

“Banyak UMKM yang sebelumnya tidak terekspos kini bisa dikenal luas. Karena beberapa UMKM juga gaptek, nggak bisa pakai sosmed, jadi kami hadir untuk membantu UMKM itu,” ungkap Atira selaku koordinator acara.

Selain jasa kreatif, Jelajah Rasa menawarkan pengalaman berbeda melalui open trip kuliner. Dalam program ini, peserta diajak mengunjungi berbagai tempat makan khas Aceh, mencicipi beragam kuliner, sekaligus menambah relasi baru.

“Kami ingin memberikan pengalaman unik. Dalam satu trip, peserta bisa mencoba banyak menu dengan cara berbagi sehingga semua orang bisa merasakan lebih banyak. Misalnya seperti kemarin, kami membawa teman-teman dari luar daerah,” kata Atira.

Baca juga:  BPKS Sabang Diminta Wujudkan Pariwisata Bertaraf Internasional dan Optimalisasi Perikanan

Salah satu trip pertama yang sukses mereka gelar adalah kunjungan ke Kuala Seafood bersama mahasiswa program magang dari luar Aceh, seperti dari Lampung dan Medan. Di sana, peserta menikmati kuliner khas seperti seafood tumpah.

Selain untuk wisatawan lokal, Jelajah Rasa juga melayani wisatawan asing yang ingin mengenal kuliner Aceh lebih dalam.

“Pernah membawa klien dari Singapura untuk menjelajahi makanan khas Aceh. Dalam trip ini, kami juga berperan sebagai pemandu wisata kuliner atau tour guide di bidang kulinernya,” jelas Amel.

Keberhasilan Jelajah Rasa tidak terlepas dari bimbingan mentor mereka, Zainal Abidin Suarja selaku Kepala Koperasi WUBI Aceh. Menurut mereka, dengan adanya Jelajah Rasa ini, UMKM yang ada di Banda Aceh lebih terekspos ke media sosial.

“Awalnya, ide ini memang dari mentor. Beliau membantu kami mengembangkan konsep hingga menjadi bentuk yang solid seperti sekarang, dan sekarang juga kami dapat manfaatnya, seperti menambah relasi dan meningkatkan kemampuan komunikasi,” ujar Amel.

Baca juga:  Haji Uma: Ada Oknum dalam Jaringan TPPO

Meskipun program ini bermula dari kegiatan magang, tim Jelajah Rasa terus berusaha mempertahankan eksistensinya di luar program resmi.

“Kami ingin program ini tetap berjalan meski magang selesai. Kami akan berusaha menjaga relasi yang sudah terbangun dengan berbagai UMKM,” tambah Atira.

Dalam setiap langkahnya, Jelajah Rasa berusaha memberikan dampak nyata bagi UMKM kecil di Banda Aceh.

“Kami berharap UMKM yang masih merintis bisa lebih berkembang dengan bantuan jasa seperti ini,” ujar Amel.

Ia juga menekankan pentingnya media sosial dalam mendukung pemasaran UMKM.

“Banyak UMKM yang kurang memahami bagaimana memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan penjualan. Kami ingin menjadi jembatan untuk membantu mereka. Bisa membantu bapak/ibu yang punya usaha karena pendapatan produk itu juga dari media sosial sekarang,” pungkas Amel.

Editor:

Bagikan berita:

Popular

Berita lainnya

Gedung Landmark BSI di Aceh Ditargetkan Rampung Awal Tahun 2024

Bisniskita.id | Banda Aceh - PT Bank Syariah Indonesia...

Masuki Awal Tahun 2025, Tarif Listrik Tak Naik, Ada Diskon untuk 81 Juta Pelanggan

Bisnisia.id | Jakarta – Mengawali Tahun Baru 2025, Pemerintah...

Program Petani Milenial 2024, Distanbun Aceh Tunggu Pedoman Sosialisasi

Bisnisia.id| Banda Aceh - Program Petani Milenial 2024 yang...

Ketika Safrizal Jual Potensi Wisata Aceh ke Syechelles

Bisnisia.id | Jakarta – Pj Gubernur Aceh Safrizal ZA...

Semakin Banyak Peminat ETF Bitcoin Spot, Arus Dana Tembus Rp 67 Triliun

Bisnisia.id | Jakarta - Pelantikan Donald Trump sebagai Presiden...

Pemerintah Kaji Larangan Ojol Pakai Pertalite

Bisnisia.id|Jakarta- Menteri ESDM Bahlil Lahadalia menyatakan rencana larangan penggunaan...

Pj Bupati Aceh Besar Tanam Perdana Padi MT Gadu 2024 di Lamkawe

BISNISKITA.ID | Banda Aceh - Penjabat (Pj) Bupati Aceh...

Aceh Catat Lonjakan Wisatawan Signifikan di 2023, Fokus pada Wisata Halal dan Ekowisata

Banda Aceh, Bisnisia.id – Sektor pariwisata di Aceh menunjukkan...

Final Piala AFF U-19 Malam Ini: Thailand Siap Berpesta di Surabaya

BISNISIA.ID - Laga final Piala AFF U-19 pada Senin...

Sektor Sawit Serap 17 Juta Tenaga Kerja di Indonesia

Bisnisia.id | Jakarta - Kontribusi komoditas kelapa sawit mendominasi...

Inovasi Media Lokal sebagai Penopang Utama Suara Daerah

Bisnisia.id | Jakarta – Keberadaan media lokal memiliki peran penting dalam...

Foto: Suasana Malam Pembukaan PKA 8

Bisniskita.id | Banda Aceh – Pekan kebudayaan Aceh (PKA) ke...

Mengajak Customer setianya, Isuzu merayakan Tahun Emas di 50 Titik se-Indonesia

BISNISIA.ID | Jakarta - Tahun 2024 menandai 50 tahun...

Kemenperin Fasilitasi 46 IKM Perluas Akses Pasar Ekspor

Bisniskita.id | Jakarta - Kementerian Perindustrian aktif memfasilitasi pelaku...

Silaturahmi ke Dayah Bustanul Huda, Irsan Sosiawan Gading Dipeusijuk Abu Paya Pasie

Bisnisia.id | Aceh Timur -Anggota DPR RI Fraksi Partai...

“The Soul of Sarawak” Sasar Wisatawan Dunia

Bisnisia.id | Malaysia - Badan Pariwisata Sarawak (STB) menggelar...

Industri Kosmetik di Indonesia Tumbuh, Peluang Bisnis yang Menjanjikan

Bisnisia.id | Jakarta — Industri kosmetik dalam negeri tengah...

Potensi Melimpah, Aceh Menanti Investasi

Bisnisia.id | Banda Aceh-Dewan Pakar Pusat Riset Komunikasi Pemasaran,...